Selamat Datang Di Situs Resmi Pemerintah Desa Karangsari, Pengasih, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta

Artikel

Waspada! DBD Bisa Sebabkan Kematian | Monev PSN

05 Juni 2022 08:29:22  Admin Kalurahan  369 Kali Dibaca  Berita Desa

Demam Berdarah Dengue (DBD) dinilai cukup berbahaya karena pada kondisi tertentu dapat membawa kepada kematian. Penyakit yang disebabkan virus Dengue itu ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes.

Suparmanto, SKM petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Pengasih II menyampaikan hal tersebut di sela-sela diskusi, sesaat setelah mendapati rendahnya Angka Bebas Jentik (ABJ) pada giat pemantauan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Pedukuhan Kopat, Kalurahan Karangsari, Pengasih, Kulon Progo.

Sejumlah 10 personil anggota Tim Pokjanal DBD Kapanewon Pengasih dibantu 9 kader Jumantik yang turun melakukan pemantauan pada hari Jum'at, 3 Juni 2022 tersebut menemukan sejumlah jentik nyamuk di berbagai lokasi. Kebanyakan ditemukan di luar rumah, seperti di pot bunga, kaleng dan ban bekas, tampungan air,  tempat minum ternak sapi, dsb. 

Dari 58 rumah yang dipantau, didapati hanya sejumlah 45 rumah yang bersih dari jentik nyamuk. Sehingga Angka Bebas Jentik (ABJ)  dari hasil monev yang dilakukan adalah sebesar 77,6 %. Hasil itu masih jauh di bawah Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan untuk ABJ, yakni 95 %.

Menanggapi hal tersebut Sugeng Riyanto, Kamituwa Karangsari menghimbau kepada warga masyarakat untuk lebih meningkatkan lagi kewaspadaan terhadap bahaya DBD dengan melakukan PSN di rumah serta lingkungannya masing-masing. Apalagi di wilayah kerja Kalurahan Karangsari, pada bulan Mei 2022 terjadi penularan kasus DBD yang menyebabkan kematian, pungkasnya.

 

Kontributor :

Sugeng Riyanto

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

Lurah Sapa Warga

Komentar Terbaru

Facebook Fanspage

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Tentara Pelajar Nomor 5, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo
Kalurahan : KARANGSARI
Kapanewon : PENGASIH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55652
Telepon : 0274774395
Email : karangsari.kulonprogo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:6
    Kemarin:1.057
    Total Pengunjung:173.672
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.18.161
    Browser:Tidak ditemukan

Profil Desa

Video Profil UMKM

PPID

DATA BANSOS 2022