Menikmati Kuliner Tradisional & Senam Di Kawasan Wisata Desa “Tangkil Cliff”

Administrator 25 Maret 2019 08:16:42 Berita Lokal

(Oleh : Anggota Forum Pemuda Penggerak Desa (FPPD) Desa Karangsari)

Ahad, 24 Maret 2019  di Pedukuhan Kedungtangkil, Desa Karangsari,  Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, senam perdana yang diadakan oleh Pokdarwis Kejora Kedungtangkil berlangsung meriah. Walaupun masih didominasi warga sekitar, banyak yang mengikuti kegiatan ini. Acara ini dimulai seawal pukul 08.00 WIB. Senam dipimpin oleh Instruktrur Dian Astuti.

"Senam sehat ini yang pertama bertujuan untuk menyehatkan badan dan yang kedua untuk meramaikan wisata Tangkil Cliff," ujar Bapak Sakirin selaku ketua Pokdarwis Kejora. Kedepan, acara senam ini akan dilaksanakan secara rutin yaitu pada minggu ke-empat setiap bulannya. Senam ini juga dibuka untuk umum. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga lansia bisa mengikuti senam ini.

Setelah senam selesai, kemarin semua peserta kemudian menuju Pasar Tangkil. Tersedia pecel, buntil, sego kucing, bakwan kawi, kroket, ndog puyuh, es degan, dan masih banyak lagi. Selain kuliner, ada pula souvenir khas Tangkil Cliff seperti,  gantungan kunci,  sendok,  garpu,  telenan,  spatula dari kayu dan batok kelapa,  serta pakaian dan topi Tangkil Cliff.

"Walaupun profesi saya sehari-hari bukan sebagai pedagang, tapi saya senang bisa ikut berdagang di sini, berpartisipasi memeriahkan acara ini," ujar Ibu Marsiyam salah satu pedagang Pasar Tangkil.

Uniknya, semua transaksi di Pasar Tangkil menggunakan uang berupa daun sebagai alat jual-beli. Uang daun terdiri dari lembaran seribuan, dua-ribuan, lima-ribuan, sepuluh-ribuan, dan dua puluh-ribuan. Mula-mula pengunjung menukarkan uang rupiah kepada petugas di Bank Tangkil dengan uang daun. Kemudian, pengunjung dapat bertransaksi dengan uang daun tersebut untuk berbelanja di Pasar Tangkil. Pengunjung tak perlu khawatir ketika uang yang dibelajakannya masih sisa. Bank Tangkil menerima penukaran uang daun ke uang rupiah kembali.

Puncak Tangkil pun menjadi lebih ramai dari biasanya karena acara ini. Pengunjung bersantai menikmati keindahan alam Tangkil  Cliff sembari menikmati kuliner setelah bersenam. Paket wisata yang memiliki keunikan tersendiri ini menjadi sarana bagi para wisatawan untuk relaksasi dan meredakan stress akibat tekanan kerja, kuliah, tugas sekolah dan kesibukan lainnya.

Kini, atas bantuan Pemerintah Desa Karangsari Tangkil Cliff telah menyediakan fasilitas baru yaitu Wifi. Bantuan Wifi menggunakan Dana Desa ini diharapkan dapat menarik pengunjung dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Kelompok Pokdarwis itu sendiri. Lokasinya juga lebih tertata dari sebelumnya. Sudah ada taman-taman bunga, ada gazebo, pendopo dan spot-spot foto. Suasananya jadi lebih nyaman untuk berlama-lama tinggal.

"Hari libur begini saatnya ajak anak untuk jalan-jalan. Senang bisa main-main di Tangkil Cliff. Anak bisa mengenal alam dan bisa refreshing juga," ujar Ika salah satu pengunjung Tangkil Cliff.

Pasar tangkil memang tidak buka setiap saat, tetapi Tangkil Cliff selalu menunggu kehadiran Anda kapan saja. Sekedar menghilangkan penat sejenak, mengajak keluarga piknik, mengajak teman-teman jalan-jalan, atau memburu foto. Kawasan wisata ini juga masih gratis, pengunjung hanya ditarik uang sukarela untuk dana pembangunan wisata.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung