Selamat Datang Di Situs Resmi Pemerintah Desa Karangsari, Pengasih, Kulon Progo, D.I. Yogyakarta

Artikel

Pemenuhan Gizi Keluarga, Jadi Solusi Penanganan Stunting di Karangsari

24 Juli 2019 21:44:35  Administrator  305 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa sejahtera adalah desa yang memikirkan keberlangsungan hidup warganya. Begitu pula yang sedang diusung desa inovasi Karangsari, Pengasih, Kulon Progo. Berusaha untuk selalu hadir untuk masyarakat, maka pemerintah desa menganggap serius masalah kesehatan warga. Salah satunya adalah kasus Stunting yang kerap jadi perbincangan. Penanganan kasus ini diwujudkan dengan pembentukan Tim Penanganan Stunting Desa Karangsari.

Kasus Stunting menjadi masalah cukup genting bagi pemerintah Desa Karangsari. Sehingga pembentukan Tim Penanganan Stunting disertai dengan beberapa program nyata yang akan berlangsung. Tentu saja, program ini ditujukan untuk pemenuhan gizi bagi warga Karangsari, khususnya penyandang Stunting. Inovasi ini cukup rapi dan kontinyu dilakukan. Sehingga mampu menjadi program rujukan untuk desa lain.

 

FYI! Apa Itu Kasus Stunting?

Mengutip dari Buletin Stunting dari Kementerian Kesehatan RI, Stunting merupakan kondisi dimana tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umur. Secara sederhana Stunting merupakan kondisi saat anak mengalami gangguan pertumbuhan. Gangguan ini akan menyebabkan tubuh anak menjadi lebih pendek dibanding anak normal.

 

Solusi Penanganan Stunting Dari Desa Inovasi Karangsari

Beberapa waktu lalu Tim Penanganan Stunting Desa Karangsari mengunjungi pembibitan ayam Kampung Unggul Balitnak. Berada di bawah Kelompok Wanita Tani Sendang Rezeki yang berada di Pedukuhan Sendang, kelompok ini pun menjadi salah satu  rujukan untuk program inovasi dari desa Karangsari. Kunjungan di pimpin Subandi ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa kecamatan Pengasih. Turut serta Kasi Ekobang Kecamatan Pengasih, ibu Atiek Retnowati, MM. 

”Bahwa selain perbaikan sarana sanitasi keluarga seperti Jambanisasi dan program RTLH, kami juga melakukan inovasi perbaikan Gizi Keluarga.” Terang Kasi Bangdaya Desa Karangsari.

Menurut Agus, pemerintah desa inovasi Karangsari akan melakukan upaya untuk keluarga yang mempunyai anak Stunting dengan memberikan bantuan ayam KUB. 

“Ayam KUB ini mampu tumbuh dengan cepat dan mempunyai nafsu bertelur yang tinggi dengan biaya pakan rendah sehingga  harapkan kedepan setelah Ayam KUB ini berkembang biak dapat mengurangi beban belanja Keluarga.” Jelas Agus. 

Program dari desa inovasi Karangsari diharapkan mampu untuk menangani kasus Stunting dengan lebih efektif. Adanya rencana program ini mampu untuk membantu pemberian makanan tambahan yang sudah dilakukan di Posyandu setempat.

 

Sugeng Riyanto Selaku Kasi Kemasyarakatan yang menangani masalah stunting di Desa Karangsari menjelaskan, “Bagi keluarga yang mempunyai anak stunting pemenuhan gizinya harus berkelanjutan dan hal ini tidak bisa hanya dengan PMT yang sebulan sekali, tapi harus kontinyu dan berkelanjutan.” 

“Masalahnya jika dibebankan kepada APBDes tentunya tidak akan cukup. Maka hal yang paling memungkinkan kami akan membeli Ayam dari Pembibitan untuk Kami hibahkan ke Kelompok-kelompok yang mempunyai anak stunting, sebagai Stimulan. tentunya kami juga menggandeng banyak pihak termasuk Juga Dinas Pertanian Kulon Progo dalam pengadaan Ayam KUB dan BUMDesa Binangun Karangsari selaku distributor hasil Produksi Pertanian Desa Karangsari.” Jelas Sugeng lebih lengkap.

Bambang Riyanto selaku  Penyuluh Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo menerangkan bahwa pihak Pemerintah Desa Karangsari selalu mendukung program-program dari Dinas pertanian. Maka pihak dinas pun juga akan mendukung Inovasi penanganan Stunting ini. Pemenuhan gizi keluarga  bisa dilakukan dengan menjadikan salah satunya keluarga yang mempunyai anak Stunting sebagai anggota Kelompok ternak ayam KUB. 

Pihak dinas akan mendapampingi kelompok - kelompok tersebut. Selain dengan ternak Ayam KUB pihak dinas juga akan mendampingi untuk berkebun menmanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam sayuran. Sehingga program desa inovasi Karangsari mampu berjalan secara efektif dan lebih mandiri lagi. 

Walaupun belum berjalan, namun persiapan dari program pemenuhan gizi masyarakat desa inovasi Karangsari sudah hampir selesai. Kemudian, dalam waktu dekat mampu menjadi solusi dan tindakan yang nyata untuk kasus Stunting. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

06 Maret 2019 | 148.125 Kali
Pemerintah Desa
06 Maret 2019 | 148.124 Kali
Visi Misi
08 Juli 2019 | 148.079 Kali
Aduan
06 Maret 2019 | 114.154 Kali
Sejarah Desa Karangsari
06 Maret 2019 | 113.450 Kali
Profil Wilayah Desa
08 Juli 2019 | 113.414 Kali
Mekanisme Layanan
08 Juli 2019 | 113.282 Kali
Permohonan Informasi

Lurah Sapa Warga

Komentar Terbaru

Facebook Fanspage

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Tentara Pelajar Nomor 5, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo
Kalurahan : KARANGSARI
Kapanewon : PENGASIH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55652
Telepon : 0274774395
Email : karangsari.kulonprogo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:348
    Kemarin:687
    Total Pengunjung:128.240
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.208.132.74
    Browser:Tidak ditemukan

Profil Desa

Video Profil UMKM

PPID

DATA BANSOS 2022