ANDA SEDANG BERSELANCAR  DI WEBSITE DESA KARANGSARI: "MEWUJUDKAN DESA YANG ASPIRATIF, SOLUTIF, INOVATIF DAN KREATIF (ASIK)"

 

Darurat Covid 19 Pemerintah Pilih Jalan PSBB Bukan Lockdown

DESA KARANGSARI KULON PROGO 06 April 2020 08:49:23 Berita Desa

Di tengah kondisi darurat dunia akan ancaman pandemi coronavirus covid-19, Pemerintah mengeluarkan kebijakan PSBB menjawab desakan beberapa pihak yang menghendaki diberlakukannya lockdown dalam rangka percepatan penanganan Corona.

PSBB diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar yang diperinci pelaksanannya melalui Peraturan Menteri Kesehatan Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB sebagai percepatan penanggulangan infeksi dan pencegahan penularan coronavirus covid-19.

Pembatasan Sosial Bersekala Besar / PSBB di suatu daerah ditetapkan Pemerintah atas permohonan yang dapat diajukan oleh Gubernur/Bupati/walikota atau Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di daerah yang diduga terjadi infeksi dan atau dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

PSBB wajib memperhatikan data peningkatan jumlah, penyebaran kasus serta kejadian transmisi lokal Coronavirus Covid-19. Pembatasan Sosial Berskala Besar diberlakukan dengan menimbang kondisi sosial, budaya, ekonomi, sumber daya, dan keagamaan suatu daerah.

Masyarakat umum yang wilayahnya ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar / PSBB tetap dapat beraktifitas dengan batasan-batasan tertentu. Berbeda dengan kebijakan lockdown yang telah diberlakukan di beberapa negara seperti India, Malaysia, Meksiko yang semua aktifitas masyarakat kemudian ditutup sama sekali.

Sedikitnya ada 6 poin pokok yang diatur dalam PP 21/2020 tentang PSBB dan PMK 9/2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar. Yakni pembatasan kegiatan pendidikan, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat kerja dan fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial budaya, pembatasan moda transportasi dan pembatasan kegiatan lainnya seperti kegiatan berkaitan pertahanan dan keamanan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Peta Desa

Aparatur Desa

Jogobyo Danarta Carik Ulu-Ulu Lurah Kamituwa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung