ANDA SEDANG BERSELANCAR  DI WEBSITE DESA KARANGSARI: "MEWUJUDKAN DESA YANG ASPIRATIF, SOLUTIF, INOVATIF DAN KREATIF (ASIK)"

 

Tangkil Cliff Ketiban Sampur Selenggarakan Deklarasi Desa STBM

DESA KARANGSARI KULON PROGO 26 Oktober 2019 11:50:06 Berita Desa

Karangsari News(26/10) Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo dijadwalkan menghadiri deklarasi “Sanitasi Total Bebasis Masyarakat (STBM)”, Pada Hari Minggu 27-10-2019 di Objek Wisata Tangkil Clift, Kedungtangkil, Desa Karangsari.

Desa Karangsari akan menjadi desa STBM pertama di Kecamatan Pengasih. Selain itu juga akan menjadi desa lokus stunting pertama yang mendeklarasikan diri sebagai Desa STBM di Kabupaten Kulon Progo.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

STBM menjadi acuan nasional untuk program sanitasi berbasis masyarakat sejak lahirnya Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis masyarakat.

Acara terselenggara atas fasilitasi Puskesmas Pengasih 2, bekerjasama Forkompinca Kecamatan Pengasih dan Pemerintah Desa Karangsari.

Gelaran acara ini akan dibuka dengan Kegiatan Senam, Deklarasi Desa STBM oleh Kepala Desa Karangsari dan akan di akhiri dengan hiburan orgen tunggal.

Tangkil Cliff juga akan mengelar Pasar Kuliner, Pameran Produk UMKM serta Gelaran Budaya seperti biasa diselenggarakan setiap Minggu ke 4 setiap bulannya.

5 Pilar  Sanitasi Total Bebasis Masyarakat (STBM) yaitu:

1. STOP Buang Air Besar Sembarangan

2. Cuci tangan menggunakan Sabun,

3. Pengamanan Makanan dan minuman,

4.Pengelolaan Sampah dan

5. Pengelolaan limbah Cair.

Menurut Mujirin Kepala Desa Karangsari, Karangsari sudah sejak 5 Mei 2014, telah mendeklarasikan diri sebagai desa ODF, yang notabene merupakan bagian dari implementasi pilar 1 STBM.

Sedangkan untuk memicu Pelaksanaan 5 Pilar STBM di tingkat masyarakat, telah dilaksanakan Sosialisasi 5 Pilar STBM di 68 RT oleh Natural leader dan Dukuh, serta Ketua RT.

Pelaksanaan pilar 1 STBM turut didukung dengan kegiatan Pembangunan 55 unit Jamban sehat dari dana bansos dan  BKK APBD Kabupaten Kulon Progo tahun 2019, Pembangunan 24 unit Jamban sehat dari dana Desa Karangsari tahun 2019, serta 34 unit pembangunan sanitasi padat karya desa dari dana APBD DIY.

Evalusi pelaksanaan STBM juga telah dilaksanakan oleh petugas dari Puskesmas Pengasih 2, Fasilitator STBM Kecamatan, Perangkat Desa, Dukuh, Natural leader beberapa waktu yang lalu di 12 pedukuhan.

Saptariningsih selaku verifikator STBM tingkat kecamatan Pengasih menambahkan, bahwa Pemicuan  5 Pilar STBM oleh Tim Kecamatan Pengasih telah dilaksanakan pada bulan April 2018 – November 2018 dan Pemerintah Desa telah menetapkan  Natural leader Pedukuhan se Desa Karangsari dengan SK Kepala Desa No . 42 tahun 2018.

Tujuan dari Program Sanitasi Total Bebasis Masyarakat (STBM)  diantaranya adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan perilaku sehat, serta memantik peran serta masyarakat melalui pemberdayaan.

Dengan ber STBM diharapkan dapat menurunkan angka stunting,  menurunkan diare serta penyakit lainnya akibat dari lingkungan dan perilaku  yang tidak sehat.

Sehingga Desa Karangsari pada masa akan datang mampu menjadi Desa Sehat. Masyarakat sehat merupakan salah satu modal utama dalam rangka mewujudkan Desa Karangsari Desa Mandiri tahun 2022. (Dnt)

Komentar atas Tangkil Cliff Ketiban Sampur Selenggarakan Deklarasi Desa STBM

Admin 12 November 2019 00:37:00
Amiin.. Matur suwun awit rawuhipun, panyengkuyungipun, linangkung berkah do'anipun.
Sarmini 02 November 2019 08:46:00
Selamat lan nderek bingah kagem desa Karangsari , ingkang sampun deklarasi 5 pilar STBM. Mugi mugi saget mujudaken desa Karangsari desa Mandiri .

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Website Desa ini :
Terbaik 2 Jumlah Penggunaan Layanan Bulan Oktober Tahun 2019

Website Desa ini :
Terbaik 2 Jumlah Pengunjung Bulan Oktober Tahun 2019

Wilayah Desa

Aparatur Desa

KASI PEMERINTAHAN Kepala Urusan Perencanaan Dan Keuangan Kepala Seksi Kemasyarakatan Sekretaris Desa Kepala Desa Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung