You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KARANGSARI

Kap. PENGASIH, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Verifikasi STBM Desa Karangsari | Pelaksanaan 5 Pilar STBM di Desa


Verifikasi STBM Desa Karangsari | Pelaksanaan 5 Pilar STBM di Desa

Desa Karangsari Selasa (6/8/2019). Kunjungi 60 rumah, Tim Verifikasi STBM pantau pelaksanaan 5 Pilar STBM di Pedukuhan Kopat dan Cekelan, Desa Karangsari.

Kegiatan yang dianggarkan oleh UPTD Puskesmas Pengasih II tersebut dilaksanakan oleh 10 personil verifikator dibantu Kader Desa, Natural Leader, dan Dukuh setempat. Kegiatan Verifikasi STBM di Desa Karangsari dilaksanakan di 12 Pedukuhan yang ada.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan program dengan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi berbasis pemberdayaan masyarakat. Program ini lebih fokus pada perubahan perilaku bukan pada pembangunan sarana dan prasarana.

5 Pilar STBM yang menjadi tolok ukur adalah :

  1. Tidak Buang Air Besar Sembarangan.
  2. Cuci Tangan Paki Sabun (CTPS).
  3. PengamananMakanan dan Minuman Keluarga.
  4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.
  5. Pengolahan Limbah Cair Rumah Tangga.

 

Verifikasi STBM di Desa Karangsari dilakukan dengan melihat langsung pelaksanaan 5 Pilar STBM ditataran rumah tangga, oleh personil yang terdiri dari berbagai unsur. Kasi Kesos Kecamatan Pengasih sebagai Ketua, Sekretaris dari unsur PKK Kecamatan,  bendahara Puskesmas Pengasih 2.

Sedangkan anggota verifikator terdiri dari Perangkat Desa, PKK desa, Bhabinkantibmas, Babinsa, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dan satu personil dari luar desa  Karangsari.

Budi Rijanta, S.Pd (Kasi Kesos Kecamatan Pengasih) mengawali kegiatan dengan memimpin rapat koordinasi. Melakukan pembekalan dan pembagian tugas kepada seluruh anggota Tim verifikasi STBM. Tim dibagi menjadi 5 kelompok dengan masing-masing kelompok melakukan verifikasi di 12 rumah.

Verifikasi dilakukan dengan metode wawancara dan pengamatan langsung. Berbagai pertanyaan terkait implementasi dan pelaksanaan 5 pilar STBM diajukan oleh verifikator kepada warga yang ditunjuk secara acak.

Verifikasi kali ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Pemicuan STBM yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 2018 di 12 Pedukuhan yang ada.

Verifikasi STBM Desa Karangsari menunjukan hasil yang cukup menggembirakan. Warga sudah melaksanakan 5 pilar STBM dengan cukup baik. Ada beberapa hal terkait pemilahan dan cara pengelolaan sampah yang masih perlu ditingkatkan, seperti masih ditemukannya pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga.

Hal yang cukup menggembirakan lagi ketika dalam verifikasi STBM didapati warga Desa Karagsari telah memanfaatkan media sosial (WA grup komunitas masyarakat, Facebook, dsb) sebagai sarana sosialisasi 5 Pilar STBM yang dinilai cukup efektif menjangkau berbagai kalangan masyarakat secara langsung. 

Bagikan artikel ini: