ANDA SEDANG BERSELANCAR  DI WEBSITE DESA KARANGSARI: "MEWUJUDKAN DESA YANG ASPIRATIF, SOLUTIF, INOVATIF DAN KREATIF (ASIK)"

 

KARANGSARI MEWAKILI KECAMATAN PENGASIH MAJU TINGKAT KABUPATEN

DESA KARANGSARI KULON PROGO 07 Oktober 2019 03:22:05 Berita Desa

Kangsri News(7/10). Tim Nglarak Blarak Desa Karangsari berhasil menjadi Juara 1 Tingkat Kecamatan Pengasih sehingga maju mewakili kecamatan Pengasih untuk bertanding dalam Lomba Nglarak Blarak Tingkat Kabupaten Kulon Progo yang rencananya digelar Sabtu 12/10/2019 mendatang.

Tim Nglarak Blarak Karangsari Berhasil mengalahkan Tim Nglarak Blarak Kedungsari dalam lomba Ngalarak Blarak se Kecamatan Pengasih padaMinggu 6/10/2019 dilapangan Ngrimpung, Serang, Sendangsari. Tim Karangsari  yang berasal dari Sub Unit Karangtaruna Wukirsari dari Pedukuhan Suruhan. Bertindak selaku Official Tim Sugeng Riyanto dan Saptariningsing yang merupakan Kasi Kesra dan Kasi Pemerintahan Desa Karangsari serta Nanang Sugiarto selaku Dukuh Suruhan.

Tim yang mewakili Desa Karangsari sudah berlatih sejak beberapa Minggu yang lalu, bahkan Tim ini tahun lalu juga mewakili Desa Karangsari dalam lomba Nglarak Blarak Tahun 2018, namun Dewi Fortuna waktu itu belum berpihak sehingga belum beruntung, baru tahun ini Tim Nglarak Blarak Desa Karangsari berhasil meraih Juara 1 tingkat Kecamatan Pengasih.

Ngalarak Blarak yang merupakan Budaya Permainan asli Kulon Progo yang digelar di kecamatan Pengasih cukup menyita perhatian  dari warga masyarakat terutama pendukung dari  7 Desa yang berlomba, bahkan dari luar kecamatan Pengasih ikut meyaksikan beberapa penonton yang menyaksikan lomba ada yang dari Tayuban Panjatan.

Gelaran Budaya Permainan ini mampu memberikan hiburan yang menarik bagi masyarakat setidaknya masyarakat dapat melestarikan Budaya permainan ini dengan mengemas permainan ini secara menarik, sehingga gelaran Budaya Permainan ini menjadi kalender resmi event yang ada di Kulon Progo untuk mendatangkan wisatawan di bumi Menoreh.

Nglarak Blarak hanyalah satu diantara beberapa Budaya Permainan Tradisional yang ada dimasyarakat yang saat ini jarang dimainkan. Gobak Sodor dan Kasti contohnya saat ini jarang dimainkan oleh masyarakat terutama anak-anak atau remaja.  Era tahun 90-2000 an di pedesaan saat itu masih banyak dijumpai anak-anak  atau remaja sore hari selepas Ashar sampai maghrib memainkan permainan tersebut. Bahkan Gatheng dulu dimainkan saat jam istirahat sekolah. Apakah permainan tradisonal itu akan hilang ditelan Zaman sebaiknya tidak. Karena Budaya adalah ciri Khas sebuah Bangsa yang berdaulat. Indonesia selain Harus Berdaulat ekonominya, Pangannya tentu juga harus berdaulat Budayanya.(Dnt)  

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

KASI PEMERINTAHAN Kepala Urusan Perencanaan Dan Keuangan Kepala Seksi Kemasyarakatan Sekretaris Desa Kepala Desa Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung