You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KARANGSARI

Kap. PENGASIH, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Pembangunan Sanitasi Desa | Verifikasi Program Hibah Air Limbah Setempat Karangsari 2021


Pembangunan Sanitasi Desa | Verifikasi Program Hibah Air Limbah Setempat Karangsari 2021

Dalam rangka meningkatkan akses sanitasi layak bagi warga desa, program pembangunan sanitasi di desa Karangsari mendapat dukungan sumber pendanaan dari berbagai sektor. Sumber dana dari APBD I, APBD II, APBDes, serta keterlibatan sumber daya kelembagaan non Pemerintah, sangat membantu pelaksanaan pembangunan di Desa Karangsari.

 

Program Hibah Air Limbah Setempat Karangsari 2021

 

Sejumlah 50 Keluarga di Desa Karangsari pada tahun 2021 bakal menerima Program Hibah Air Limbah Setempat yang diselenggarakan DPU-PR Kabupaten Kulon Progo.

Hal tersebut disampaikan Lurah Karangsari, Mujirin saat menerima kunjungan sejumlah 12 anggota TIM verifikasi program di Pendopo Kalurahan Karangsari, Sabtu (31/10/2020).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kalurahan Karangsari itu mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan verifikasi program Hibah Air Limbah Setempat yang nantinya bakal diterima warga.

Harapannya dengan kegiatan pembangunan sanitasi desa,  peningkatan akses sanitasi bagi warga desa Karangsari akan meningkatkan, sehingga derajat kesehatan masyarakat juga meningkat.

 

Fokus Pembangunan Sarana Sanitasi Desa Karangsari

 

Sudah sejak 3-4 tahun kebelakangan ini, kegiatan pembangunan di lingkungan pemerintah desa Karangsari masih fokus pada upaya pembangunan sarana prasarana penyediaan sumber air dan sanitasi, serta pemberdayaan dan pembinaan kesehatan linkungan.

Selama kurun waktu tersebut, kegiatan yang mendukung peningkatan akses sanitasi yang sudah dilaksanakan di Karangsari meliputi :

  1. Pembangunan dan Pemberdayaan Pengelolaan Air Minum Desa di Pedukuhan Kamal 2018
  2. Pembangunan dan Pemberdayaan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas) di Pedukuhan Gunung Pentul 2019.
  3. Padat Karya Pembangunan dan Perbaikan sarana drainase di Pedukuhan Cekelan, Kamal 2019
  4. Kegiatan Padat Karya Pembangunan Septik Individu PUPR-DIY 2019.
  5. Kegiatan Bantuan Sosial dan BKK Jambanisasi APBD Kulon Progo 2019, 2020.
  6. Jambanisasi APBDes Karangsari 2019, Pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (UPK - BKAD) 2019, 2020.
  7. Pembangunan Jembatan Krapyak Pedukuhan Sendang 2019.
  8. Kegiatan Pemicuan, Verifikasi, dan Deklarasi Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Karangsari 2019.
  9. Kegiatan Pembangunan Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL) Rumah Tanggga serta Pemberdayaan Pengelolaan Bank Sampah Beringin Ringin Ardi 2020.

 

Menjadi harapan dalam seluruh kegiatan tersebut, akan menjadi daya dukung upaya pencegahan stunting di desa, mengacu target Kulon Progo zero stunting 2030. Seperti diketahui bersama sejak 2017 desa Karangsari menjadi desa lokus dengan jumlah kasus balita stunting tertinggi di Kulon Progo.

Di akhir acara, setelah selesai melakukan koordinasi dengan Dukuh, didampingi Babinsa dan Bhabinkantibmas, sejumlah 12 personil TIM verifikasi dari Dinas PUPR Kulon Progo,  langsung melakukan verifikasi ke rumah-rumah calon penerima manfaat program pembangunan sanitasi di desa Karangsari.

Bagikan artikel ini: