You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KARANGSARI

Kap. PENGASIH, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Vaksinasi Masal Karangsari Optimalkan Sumber Daya di Desa


Vaksinasi Masal Karangsari Optimalkan Sumber Daya di Desa

Selain dengan 3M yakni Mencuci tangan dengan sabun, Mengenakan masker, dan Menjaga jarak, juga dengan peningkatan Tracing, Testing, dan Treatment, serta melalui percepatan Vaksinasi adalah bagian dari langkah strategis pemerintah yang terus didorong dalam penanganan pandemi covid-19.

Sejauh ini, melalui program vaksinasi yang dilaksanakan berbagai pihak, setidaknya sudah lebih dari 1.500 orang warga Karangsari telah diberikan vaksin.

Vaksinasi masal di Kapanewon Pengasih yang diselenggarakan tanggal 12, 13, 14 Agustus 2021, pada hari 1 mencatat sejumlah 350 warga Karangsari datang mendaftar. Sedangkan di hari ke-3 di tempatnya yang sama terdapat sejumlah
70 peserta warga Karangsari. Vaksinasi masal di Taman Budaya Kulon Progo Minggu (22/8/2021) juga diserbu 400 pendaftar dari Karangsari.

 

Vaksinasi Masal di Balai Kalurahan Karangsari

Berangkat dari kesadaran akan masih minimnya capaian vaksinasi, seorang anggota Karangtaruna Pedukuhan Gunung Pentul bernama Very Gunawan menginisiasi diadakannya vaksinasi masal di Balai Kalurahan Karangsari. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat yang semakin antusias menerima vaksin.

Setelah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Puskesmas Pengasih 2 dan Pemerintah Kalurahan Karangsari, pada akhirnya Vaksinasi Masal Kalurahan Karangsari dapat diselenggarakan pada hari Kamis, 26 Agustus 2021 dengan kuota awal 400 peserta.

 

Dukungan Sumberdaya lokal Karangsari

Semangat untuk membantu percepatan Vaksinasi ditunjukkan Pemerintah Kalurahan Karangsari. Pelaksanaan vaksinasi masal pun melibatkan sejumlah tenaga relawan dan sumberdaya lokal anggota berbagai lembaga desa yang ada di Karangsari.

Sejumlah 16 relawan Karangtaruna dan Forum Pemuda Penggerak  Desa menggawangi entry data P Care. 6 orang Kader Posbindu membantu screening awal bagi peserta. Alur layanan mulai dari pendaftaran hingga observasi di pandu oleh sejumlah relawan yang terdiri atas Pamong desa, staf, karyawan BUMDes, Mahasiswa, Bhabinkantibmas, Babinsa, didampingi oleh tenaga kesehatan Puskesmas Pengasih 2.

Selain dukungan Sumber Daya Manusia, Pemerintah Kalurahan Karangsari juga menyediakan sarana prasarana seperti bandwith Internet untuk kelancaran entry data, blangko screening, laptop dan komputer, serta konsumsi relawan.

Dari target sasaran 400 peserta yang telah mendaftar melalui link yang dibagikan secara masif melalui berbagai media sosial yang ada, pada pelaksanaannya vaksinasi Masal Kalurahan Karangsari berhasil mendatangkan 414 peserta, dengan sejumlah 380 peserta telah menerima vaksin, sedangkan 34 peserta lainnya mengalami penundaan. Dengan dukungan semua pihak, kegiatan vaksinasi masal Kalurahan Karangsari berjalan optimal.

Bagikan artikel ini: