ANDA SEDANG BERSELANCAR  DI WEBSITE DESA KARANGSARI: "MEWUJUDKAN DESA YANG ASPIRATIF, SOLUTIF, INOVATIF DAN KREATIF (ASIK)"

 

Anak-Anak Paud Outing Class di Milky Mong Josutan

DESA KARANGSARI KULON PROGO 16 Oktober 2019 00:35:08 Berita Desa

Kangsri News (16/10). Outing Class merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. Selain itu outing class merupakan metode belajar yg menyenangkan, mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar.

Beberapa hari terakhir ini anak-Anak Paud di wilayah Desa Karangsari melakukan Outing Class di Milky Mong Josutan. Milky Mong adalah Pertenakan sapi perah dataran Rendah yang ada di Desa Karangsari yang berada di Pedukuhan Josutan RT 27 RW 12. Anak-anak Paud  diperlihatkan bagaimana caranya Proses Pembuatan susu Muni dengan melihat langsung  proses  memerah susu segar dari  sapinya langsung, Pengolahannya sehingga layak saji dan siap untuk dikonsumsi.

Atminingsih selaku Pengelola Miky Mong menjelaskan “anak-anak PAUD sangat antusias dengan kegiatan ini. Apalagi saat mereka melihat bagaimana cara  petugas melakukan pemerahan susu. Mereka memperhatikan dengan seksama. Apalagi di akhir sesi pembelajaran mereka meminum susu segar yang telah kami sediakan mereka senang sekali”.

Outing Class  yang ditawarkan oleh Milky Mong bukan hanya untuk anak-anak PAUD tapi juga untuk Umum. Pembelajaran yang diberikan disesuaikan dengan usia maupun kebutuhan peserta kegiatan. Untuk Peserta umum Pembelajaran yang diberikan adalah bagaimana cara perawatan sapi, menjaga kebersihan Kandang dan sapi, pemberian pakan, pengolahan susu dan pengemasan atau packaging produk olahan susu.

Iskandar Gunawan selaku Direktur BUMDesa mengatakan “bahwa Milky Mong adalah salah satu tempat untuk wisata Desa dalam bidang Edukasi Produk hasil Pertanian lebih spesifik lagi Peternakan, karena disebelah timur Milky Mong ada Kandang Komunal yang dikelola oleh Kelompok Peternak Kambing “SARI MAKMUR” disana Peserta Kegiatan akan diajarkan bagaimana caranya mengolah kotoran dan air Kencing kambing menjadi Pupuk Organik Padat maupun Cair”.  

Saat berita ini kami turunkan beberapa hari kedepan menurut pengelola Milky Mong kegiatan Outing kelas sudah dipesan oleh beberapa TK dan KB baik dari wilayah Karangsari maupun luar wilayah Karangsari. Selain mengajarkan tentang proses pembuatan susu murni, juga sebagai bentuk sosialisai gemar Minum Susu untuk Generasi yang lebih sehat. Saat ini Produk Susu Milky Mong telah dipasarkan oleh BUMDesa Binangun Karangsari.(Dnt)   

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Jogobyo Danarta Carik Ulu-Ulu Lurah Kamituwa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung