You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KARANGSARI

Kap. PENGASIH, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Persiapan Menjelang Hari Raya Idul Adha | Bagaimana Cara Memilih Hewan Kurban?


Persiapan Menjelang Hari Raya Idul Adha | Bagaimana Cara Memilih Hewan Kurban?

Menjelang hari raya Idul Adha, Takmir Masjid se Kalurahan Karangsari Hadiri Sosialisasi Penanganan Hewan Kurban.

Selasa (8/6/2021) bertempat di Serambi Masjid Baitul Karim Padukuhan Sendang, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo, sejumlah 18 utusan Takmir Masjid di Wilayah Kalurahan Karangsari tersebut mendapat sosialisasi Penanganan Hewan Kurban dari UPT Rumah Pemotongan Hewan dan Pengelola Pasar Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo.

Cara Memilih Hewan Kurban

Diantara materi yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah tentang penentuan atau pemilihan hewan kurban yang dipaparkan oleh narasumber drh. P Haryadi.

Sebagaimana diketahui pada saat perayaan Idul Adha, umat Islam dianjurkan menyembelih hewan kurban, kemudian dagingnya diagihkan kepada umat yang layak menerima.

Kambing, domba, sapi, kerbau, dan juga onta adalah antara jenis hewan Kurban. Namun hewan-hewan tersebut dapat dimanfaatkan untuk tujuan ibadah kurban apabila memenuhi beberapa persyaratan sebagaimana berikut :

1. Memenuhi Syarat Umur. 

Kurban dianjurkan memilih hewan yang sudah cukup umur, yakni dapat ditandai dengan hewan telah mengalami ganti sepasang gigi depan (Jawa : Poel). Untuk domba/kambing sudah berumur 1 Tahun (12 - 18 bulan), untuk Sapi/Kerbau umur 2 Tahun, dan untuk Onta sudah berumur 5 Tahun.

2. Memenuhi Syarat kesehatan Hewan Kurban.

Selain sudah cukup umur, hewan Kurban juga harus dalam kondisi sehat, kuat berdiri, dan tidak cacat. Ciri hewan yang sehat adalah :

  1. Memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, bulu tidak kusam.
  2. Pada bagian mata, hidung, anus, mata bersinar dan berwarna pink (tidak pucat), cermin hidung terlihat basah, bersih dan tidak mengeluarkan cairan/leleran hidung berlebihan. Sedangkan di bagian anus bersih, tidak ada diare.
  3. Mampu berdiri dan tidak cacat.
    Contoh kecatatan hewan : Buta, sakit, pincang, dan sangat kurus.
  4. Proporsi tubuh standar, tulang punggung relatif rata, tanduk seimbang, keempat kaki simetris, postur ideal, kombinasi perut, kaki, depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang.
  5. Kulit tidak korengan.
  6. Tidak disarankan memilih hewan kurban yang diternakkan di tempat pembuangan sampah karena berpotensi mengandung zat berbahaya.

Itulah antara tata cara pemilihan hewan Kurban, sehingga diharapkan pelaksanaan ibadah Kurban dapat berjalan baik, dari persiapan hingga proses pengagihan daging kurban lebih higienis dan saniter, sehingga daging kurban selamat dan sehat dikonsumsi umat Islam pada saat hari raya Idul Adha.

Bagikan artikel ini: