Terobosan Terbaru! Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Minyak

Administrator | 05 September 2019 09:50:36 | 110 Kali

Sampah plastik menjadi momok yang cukup diperhatikan akhir-akhir ini. Bukan hanya mengotori bumi saja, namun juga mengganggu makhluk hidup. Jadi, terobosan terbaru untuk mengubah sampah plastik menjadi BBM merupakan langkah dan harapan baru.

Mengubah wujud dari sampah palstik menjadi BBM sudah dilakukan dan dikembangkan oleh Pandji Prawisudha. Seorang pakar konversi energi dari ITB.

Penelitian ini sudah dilakukan olehnya pada beberapa waktu lalu. Jika dilihat, alat untuk melakukan reaksi ini cukup sederhana. Reaktor pirolisis yang terdiri dari tabung dua liter, kondensor, pompa air akuarium, thermocouple, dan wadah plastik saja.

Untuk proses pembuatan dari BBM ini pun juga sangat sederhana. Semua reactor di atas akan tersambung dengan pipa,  tempat mengalirnya gas hasil pemanasan. Lalu berubah menjadi minyak.

Kinerja dari alat ini mengandalkan mekanisme pirolisis, atau proses memanaskan plastik tanpa oksigen dalam suhu tertentu. Plastik akan mencair dan berubah menjadi gas lalu mengalir melalui pipa melewati kondesor.

Didalam kondensor gas akan didinginkan sehingga berubah menjadi minyak atau biasa disebut dengan asap cair. Minyak inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi bahan bakan untuk kompor atau lampu minyak. 

Sebagai Pengganti Minyak Tanah

Dari tabung berukuran 2 liter, alat ini mampu mengubah 200 gram bungkus sampah plastik menjadi 120 ml minyak. Dengan proses pemanasan selama dua jam saja.

Saat di uji coba, minyak hasil reaksi ini mampu untuk mendidihkan air sebanyak 200 ml dalam waktu kurang dari tiga menit saja.

Secara fisik minyak sampah plastik ini akan cocok untuk dipakai sebagai pengganti kerosin atau minyak tanah. Tidak untuk bensin. Karena minyak yang dihasilakan bersumber dari plastik yang sudah tercampur dengan zat lain. Hal ini tentu saja akan memiliki resiko jika digunakan pada kendaraan bermotor.

Adanya terobosan baru ini tentu saja akan membuat harapan baru untuk masalah sampah di Indonesia. Plastik yang harusnya membantu tidak lagi mengganggu, karena bisa difungsikan menjadi hal lain yang lebih bermanfaat. (Str)

Referensi : BBC News

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Komentar Terkini

Facebook Fanspage

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jalan Tentara Pelajar Nomor 5, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo
Desa : KARANGSARI
Kecamatan : PENGASIH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55652
Telepon : 0274774395
Email : karangsari.kulonprogo@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

DATA BANTUAN

DATA PERKEMBANGAN COVID -19

DATA PERKEMBANGAN COVID PERPEDUKUHAN