ANDA SEDANG BERSELANCAR  DI WEBSITE DESA KARANGSARI: "MEWUJUDKAN DESA YANG ASPIRATIF, SOLUTIF, INOVATIF DAN KREATIF (ASIK)"

 

Jauh-Jauh Sanitarian Dinkes Kabupaten Garut Sambangi Karangsari

DESA KARANGSARI KULON PROGO 31 Oktober 2019 13:38:10 Berita Desa

Jika pada Minggu lalu mendapat kunjungan dari Kepala Desa Se-Kecamatan Banua Lawas Kaji Banding Penanganan Stunting & STBM), Desa Karangsari kembali mendapat kunjungan kaji banding implementasi STBM di desa.

Selasa 29/10/2019 sejumlah 40 petugas sanitarian Puskesmas se Kabupaten  Garut tiba di Desa Karangsari. Rombongan  disambut dan diterima langsung oleh Kepala Desa Karangsari dan segenap jajaran perangkat desa.

Dalam sambutannya, Mujirin Kepala Desa Karangsari menyampaikan bahwa Pelaksanaan Program STBM di Karangsari mendapat dukungan penuh anggaran dari Puskesmas Pengasih 2. Dari proses pemicuan hingga ke deklarasi, fasilitasi anggaran oleh Puskesmas Pengasih II nyata menjadi faktor pendorong suksesnya pelaksanaan STBM di Karangsari.

WhatsApp Image 2019-10-29 at 15.43.19(1)

Peran Desa dari sisi anggaran lebih kepada pendampingan kegiatan, pengkondisian wilayah dan masyarakat, terutama pada persiapan Deklarasi. Besarnya anggaran dari Puskesmas Pengasih II turut dipengaruhi oleh faktor jumlah sasaran dan luas wilayah cakupan. Desa Karangsari memiliki jumlah penduduk terbesar di Kecamatan Pengasih yakni mencecah 11.006 jiwa dengan luas wilayah 1.054 Ha. 

Kepala Desa Karangsari menambahkan, masih terdapat kekurangan terkait implementasi STBM di tingkat masyarakat, namun deklarasi itu merupakan wujud komitmen pemerintah desa bersama warga masyarakat Desa Karangsari melaksanakan dan mengamalkan 5 pilar STBM dalam kehidupan sehari-hari.

WhatsApp Image 2019-10-29 at 15.43.19(4)

Ketua Timlak program STBM Budi Rijanta, S.Sos yang juga sebagai Kasi Kesos Kecamatan Pengasih mengungkapkan, bahwa Desa Karangsari menjadi Pioneer STBM di wilayah kerjanya. Karena menjadi desa pertama yang mendeklarasikan diri sebagai desa STBM. Ia berharap kegiatan ini mampu  memicu semangat desa-desa yang lain di wilayah Kecamatan Pengasih untuk mengikuti jejak Desa Karangsari.

Paparan implementasi STBM di desa,  oleh Kasi Kesra Desa Karangsari menggambarkan bagaiamana proses pelaksanaan STBM di Desa Karangsari. Dari awal pemicuan, sosialisasi, verifikasi hingga deklarasi dan Rencana Tindak Lanjut.  Turut disampaikan  kendala yang dihadapi di lapangan,  daya dukung, peran Puskesmas, peran desa serta peran lintas sektor serta bagaimana mekanisme dan rencana monitoring serta evaluasi kegiatan dilaksanakan.

WhatsApp Image 2019-10-29 at 15.43.19(5)

Dalam diskusi, salah satu peserta yang tidak mau disebutkan identitasnya menyoroti dukungan anggaran yang diperoleh Puskesmas Pengasih II, dan mengeluhkan minimnya dukungan anggaran di lingkungan Dinkes Kabupaten Garut.

Saptariningsih Perangkat Desa Karangsari menegaskan bahwa anggaran bukanlah satu-satunya faktor penyebab keberhasilan program STBM. Tetapi dengan optimalisasi potensi dan kearifan lokal, didukung semangat, respon dan kesadaran masyarakat desa, dapat menjadi daya dukung yang kuat dalam implementasi STBM di tingkat masyarakat desa.

WhatsApp Image 2019-10-29 at 15.43.20(1)

Sugeng Riyanto menambahkan, program STBM nyata telah memberi dampak positif bagi masyarakat desa. Apalagi bagi Desa Karangsari yang merupakan salah satu dari 10 desa lokus stunting di Kulon Progo. STBM  meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jamban sehat. Terbukti data kepemilikan jamban sehat masyarakat meningkat signifikan. Tumbuhnya bank-bank sampah di wilayah desa Karangsari juga merupakan salah satu wujud semangat dan respon positif masyarakat  atas pelaksanan  STBM di desa.

Pelaksanaan STBM di Desa Karangsari  juga memberi efek positif yang berbanding lurus dengan penurunan jumlah stunting. Pada 2017 angka stunting Karangsari mencapai 132, pada 2018 turun menjadi 114 dan pada 2019 ini jumlah balita stunting desa Karangsari turun lagi menjadi 79 balita.

Kunjungan kaji banding STBM diakhiri dengan melihat langsung kegiatan pengelolaan sampah di Bank Sampah Beringin yang berada di Pedukuhan Ringin Ardi. Walaupun lokasi Bank Sampah Beringin tidak dapat dijangkau Bus Besar yang digunakan peserta Kaji Banding. Berkat bantuan penyediaan kendaraan oleh Dinkes Kulon Progo, Puskesmas Pengasih II, fasilitator STBM Kecamatan Pengasih, peserta akhirnya dapat berkunjung dan tampak antusias belajar pengelolaan sampah. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Website Desa ini :
Terbaik 1 Jumlah Penggunaan Layanan Bulan November Tahun 2019

Wilayah Desa

Aparatur Desa

KASI PEMERINTAHAN Kepala Urusan Perencanaan Dan Keuangan Kepala Seksi Kemasyarakatan Sekretaris Desa Kepala Desa Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung