ANDA SEDANG BERSELANCAR  DI WEBSITE DESA KARANGSARI: "MEWUJUDKAN DESA YANG ASPIRATIF, SOLUTIF, INOVATIF DAN KREATIF (ASIK)"

 

Cottage tambah fasilitas Wisata Desa Tangkil Cliff

DESA KARANGSARI KULON PROGO 13 Oktober 2019 11:38:06 Berita Desa

Kangsri News (13/10)  Fasilitas Tangkil Cliff  terus dilengkapai oleh Pengelola dan Pemdes Karangsari.  Tangkil Cliif yang dibuka untuk umum sejak Juni tahun 2018, saat ini dilengkapi dengan saran Free Wifi dan Cottage untuk tamu yang menghendaki menginap. ada 2 unit cottage diTangkil Cliff yang mana Setiap unit cottage mampu menampung 8 orang dewasa. Cottage dengan konsep Self Service, dibiayai dari APBDesa Karangsari tahun 2019 bersumber dari Dana Desa tahun 2019.

Upaya menambah fasilitas Tangkil Cliff  telah melalui tahapan sesuai dengan Peraturan yang ada. Mulai dari Musduk di Pedukuhan Kedung Tangkil, lalu aspirasi tersebut dibawa ke Musdes dan direncanakan di Musrengbangdes, tentunya Kegiatan Pengembangan Wisata Desa sudah Tercantum dalam RPJMDes maupun RKPDes tahun 2019.

Tangkil Cliff merupakan salah satu destinasi Wisata Desa yang ada di Desa Karangsari. Di Area Tangkil Cliff juga terdapat Watu Tumpang serta ada Pasar daun setiap hari Minggu Legi. Yang mana Pengunjug Pasar harus menukarkan uang rupiahnya dengan Uang daun yang sudah disediakan oleh petugas, untuk bertransakasi dengan pedangang.

Dari Puncak tangkil Cliff kita akan melihat pemandangan hamparan sawah di Lembah Ngrancah, Kamal dan Secang. Jika Malam hari ini kita akan melihat kerlap-kerlip lampu kota maupun pegunungan menoreh disisi utara.

Dibawah Tangkil Cliff terdapat pula camping ground Kedungrejo yang telah terkenal lebih dahulu yang sering digunakan oleh sekolah-sekolah di Kulon Progo maupun Perguruan Tunggu di Yogyakarta untuk kegiatan di luar Kampus.

Bicara Cottage Tangkil Cliif dengan bergaya arsitektur Jawa bebentuk Rumah Panggung bergaya atap pelana/ Kampung dengan anyaman Blarak/welid sebagai bahan penutup atapnya. Sedangkan seluruh konstruksinya, lantai, plafond dan dinding semuanya berbahan bambu. Sebelum Cottage Tangkil Cliif dibangun beberapa warga Karangsari termasuk warga Kedung Tangkil mengikuti pelatihan Konstruksi Bambu yang diadakan oleh Pemerintah Desa Karangsari selama 4 hari.

Menurut Kamiran selaku Dukuh Kedung Tangkil menjelaskan “bahwa sebelum ada Tangkil Cliff masyarakat kita ajak berembug dan melihat potensi yang ada di wilayah Kedung Tangkil selain  camping ground Kedungrejo pada waktu bedah potensi Pedukuhan.”

Kamiran menambahkan “Nama Tangkil Cliff karena puncak tertinggi pedukuhan itu  sisi utara berbentuk Tebing.  Maka atas saran Bapak Anis Nugrahanto selaku Pendamping Independent. Puncak tersebut di beri nama Tangkil Cliff. Dibangunnya Fasilitas cottage untuk memperlama kunjungan wisatawan, bukan hanya datang foto selfi lalu pergi. Tapi dengan adanya Cottage ini mampu memperpanjang durasi kunjungan serta memberikan pemasukan dari Paket Menginap. Sehingga kedepan Tangkil Cliff ini bisa menyejahterakan warga Kedung Tangkil melalui Upaya Pemberdayaan Kelompok Masyarakat dalam hal ini sektor pariwisata namun tidak menutup kemungkinan dari Sektor Pertanian maupun sector sector yang lain, sehingga Desa Karangsari menjadi Desa Mandiri tahun 2022 bisa terwujud” tutupnya.

Fasilitas-fasilitas yang mendukung pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat diupayakan pemerintah Desa Karangsari untuk dibiayai. Hal ini guna mengurangi angka kemiskinan, menyejahterakan warganya dan mewujukan Desa Karangsari menjadi Desa Mandiri tahun 2022.(Dnt)

Komentar atas Cottage tambah fasilitas Wisata Desa Tangkil Cliff

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Jogobyo Danarta Carik Ulu-Ulu Lurah Kamituwa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung