ANDA SEDANG BERSELANCAR  DI WEBSITE DESA KARANGSARI: "MEWUJUDKAN DESA YANG ASPIRATIF, SOLUTIF, INOVATIF DAN KREATIF (ASIK)"

 

Kamal Pedukuhan edukasi Sejarah Peradaban masa lalu

DESA KARANGSARI KULON PROGO 08 Oktober 2019 01:17:55 Berita Desa

Kangsri News(8/10) Pedukuhan Kamal yang terletak di ujung Utara Desa Karangsari yang berbatasan langsung dengan Desa Sendangsari di sebelah timur dan Desa Hargotirto di sebelah Utara dan barat Sedangkan disisi Selatan berbatasan dengan Pedukuhan Kedungtangkil dan Blumbang Desa Karangsari ini, memiliki sejarah peradaban kuno, hal ini dibuktikan dengan adanya cagar budaya berupa situs sejarah Lingga Yoni yang oleh masyarakat  setempat dikenal dengan istilah lumpang Kentheng. Wilayah Kamal yang berupa lembah dan Pegunungan ini  menawarkan pula panorama yang eksotis.

Lembah Kamal berupa Sawah teras siring membawa imajinasi orang yang datang ke Kamal seperti menikmati  alam Pedesaan yang ada di Bali. Selain Sawah, masyarakat setempat juga  membudidayakan tanaman empon-empon ditegalan pedukuhan Kamal. Hasil empon-empon ini diracik menjadi minuman khas Karangsari yaitu Wedang Semoro dan Wedang Kangen yang sering disuguhkan pihak Pemerintah Desa pada tamu-tamu yang datang seperti rombongan dari Forum Komunikasi BPD se Kecamatan Jetis Bantul Beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Kunjungan BPD Jetis, Pemerintah Desa Karangsari Kenalkan BUMDes

Selain Situs Sejarah Lingga Yoni, Lembah sawah, juga ada watu Gembel serta Camping Ground dibawah hutan Mahoni. Selain itu setiap tahun juga di Gelar acara adat Ruwahan Hore yang diawali dengan Kirab Gunungan keliling pedukuhan. Bahkan tahun ini juga akan digelar adat saparan di area Lumpang Kenteng Pada hari Selasa Kliwon 22 Oktober 2019 mendatang. Tak lengkap rasanya datang ke Kamal tidak menikmati pecel Bumbung, makanan Pecel Khas Kamal.

Mengupas keunikan Pedukuhan Kamal belumlah selesai masih ada budaya Sholawat Emprak yang mana budaya ini adalah berupa tarian yang mana para pemainnya laki-laki semua yang dikuti dengan iringan tabuhan Kendang, dan terban dengan menyanyikan lirik Sholawat Bahasa Kawi. Sholawat Emprak ini di dipertunjukan Kepada para tamu yang hadir dalam acara Ruwahan Hore dihalaman Lokasi situs Lingga Yoni. Selain itu di Kamal juga ada Sanggar Jathilan tradisional Pong Jir. Jathilan yang tabuhannya masih seperti era tahun 90 an, maka tak salah jika Pedukuhan Kamal sebagai Destinasi Wisata Edukasi sejarah peradaban Desa Karangsari, melengkapai destinasi wisata desa yang ada di wilayah Desa Karangsari.(Dnt) 

silahkan lihat dan subscribe: https://www.youtube.com/watch?v=qyB3ThpNdR8

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Website Desa ini :
Terbaik 3 Jumlah Penggunaan Layanan Bulan September Tahun 2019

Website Desa ini :
Terbaik 2 Jumlah Pengunjung Bulan September Tahun 2019

Wilayah Desa

Aparatur Desa

KASI PEMERINTAHAN Kepala Urusan Perencanaan Dan Keuangan Kepala Seksi Kemasyarakatan Sekretaris Desa KAUR UMUM, APARATUR DESA DAN ASET Kepala Desa Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung