September 2019 Polri Akan Luncurkan Smart SIM di Indonesia

Administrator | 28 Agustus 2019 10:37:57 | 14 Kali

SIM Pintar atau Smart SIM akan segera diluncurkan bulan September 2019 oleh Polri. Tak hanya  menjadi surat izin mengemudi saja, namun bisa untuk bayar Tol dan berbelanja. Bahkan Smart SIM bisa menyimpan saldo hingga Rp 2 Juta.

Terobosan baru dilakukan oleh Polri dengan meluncurkan Surat Izin Mengemudi dengan fungsi yang lebih banyak. Peluncuran dari Smart SIM ini direncakan akan digelar tanggal 22 September 2019, tepat saat Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Smart SIM tentu akan berbeda dengan model terdahulu, karena akan dilengkapi dengan fitur yang multifungsi. Sehingga SIM bisa dijadikan alat pembayaran Tol, belanja dan merekam semua pelanggaran.

Menurut Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri Komber Pol Hery Sutrisman, SIM Pintar akan memiliki lebih banyak fungsi jika dijajarkan dengan model SIM dari negara lain.
“Kita harus bangga, Smart SIM ini benar-benar pintar karena punya banyak fungsi. Bahkan fiturnya paling lengkap disbanding SIM di negara-negara lain,” terang Hery dilansir dari Kompas.com (26/8/2019)

Hery menambahkan “Indonesia akan menjadi negara pertama yang menggunakan Smart SIM, jadi cuma Indonesia saja, kalau negara lain mungkin ada yang simpan data juga, tapi kita nanti yang paling lengkap.”

Hery juga menjelaskan bahwa secara garis besar fungsi dari Smart SIM akan lebih fleksibel jika dibandingkan model lama. Mulai dari penyimpanan data diri akan lebih lengkap, hingga penyimpanan saldo hingga Rp 2 juta.

Selain menyimpan saldo, maka Smart SIM juga akan ditanamkan chip didalamnya. Dengan begitu pemegang SIM juga sudah terintegrasi secara online dengan pusat data kepolisian. Hal ini diklaim akan sangat berguna untuk merekam jenis pelanggaran yang sudah pernah dilakukan pemilik SIM. (Str)

Referensi : Kompas.com

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jalan Tentara Pelajar Nomor 5, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo
Desa : KARANGSARI
Kecamatan : PENGASIH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55652
Telepon : 0274774395
Email : karangsari.kulonprogo@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung